Update Teknologi, Waspadai Cara Berkendara Motor Listrik

Kemajuan teknologi memaksa manusia untuk cepat ber-adaptasi, termasuk untuk urusan kendaraan bertenaga listrik. Dilansir dari MCN, produsen ternama untuk kendaraan listrik yaitu Segway Ninebot baru saja merilis produ e-scooter yang digadang mampu menempuh jarak hingga 124 mil (199 km) dalam kondisi baterai penuh. Meng-akomodir kebutuhan bawaan helm, bagasinya mampu menampung pelindung kepala jenis full-face.

Sementara di kategori e-moped, produknya menargetkan pemakaian dalam kota dengan batas kecepatan maksimum di 16 mph (25 km/jam) dengan batasan daya tempuh di 53 mil (85 km). Dua produk tersebut dilengkapi dashboard digital dengan dua tombol sementara fitir rem-nya mengandalkan cakram di depan dan jenis tromol di belakang.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan jika kita ingin “berteman” dengan kendaraan bertenaga listrik. Berikut adalah tips mengendarai skuter listrik yang di pasar Indonesia sudah punya banyak pilihan tipe dan merk.

  1. Kenali kendaraan. Layaknya sebuah kendaraan, mengenali kendaraan itu penting apalagi kendaraan listrik punya karaktek hening di suara. Ini mungkin bisa membuat pengendara terkaget karena suara yang timbul tidak lagi kencang tapi nyaris hening.
  2. Rasakan feel dari putaran gas. Umumnya kendaraan listrik punya performa lebih responsif, tidak cenderung mengangkat pelan layaknya motor konvensional. Beberapa pabrikan motor listrik sudah membekali batasan putaran gas di awal agar tidak loncat.
  3. Perhatikan kemampuan kecepatan. Tidak semua motor listrik cocok, pun bisa dipakai di jalan raya. Cermati beberapa aturan dari pihak berwajib hingga dari spek kendaraan yang punya catatan batasan kecepatan maksimum. Penggunaan yang keliru dapat membuat pengguna motor listrik jadi ancaman bagi pengguna kendaraan yang lain di lalu lintas publik.
  4. Pakai Safety Gear. Namanya naik kendaraan roda dua praktis penggunaan alat keselamatan juga utama. Kenakan helm dengan benar termasuk jaket, sarung tangan sepatu. Bahaya dan risiko bertebaran dimana-mana.

Mari #NyetirLebihBaik agar kita bisa tumbuh menjadi pengguna jalan yang aman buat semua, baik diri sendiri maupun orang lain. (jess) | Foto : Engadget

0 comments on “Update Teknologi, Waspadai Cara Berkendara Motor ListrikAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.