Bagaimana Seharusnya Pemotor Menyikapi Banjir

Apa skenario terburuk saat pemotor menghadapi genangan air bernama banjir? Motor mogok? Sepatu kebasahan? Penumpang ngomel? Bahkan motor terperosok lubang atau terseret aliran air? Bagaimana cara menyikapi banjir bagi pemotor apalagi situasi curah hujan yang tidak menentu belakangan ini.

Berikut adalah tips menghadapi banjir bagi pemotor,

  1. Tidak melewati genangan air dalam saat kamu ragu
    Namanya ragu, mending tidak usah dilakukan sekalian termasuk soal motor menerabas banjir. Mneski secara teori motor yang dikendarai bisa saja melibas banjir tapi dengan penanganan pengendara yang salah maka teori tinggalah teori. Cari rute lain yang lebih aman, bisa dengan memutar meski jauh atau tetap melintas di rute dengan genangan yang lebih rendah.
  2. Jangan nekat saat melihat arus deras
    Meski terlihat mudah ditaklukan, air yang tengah mengalir punya medan tarik yang luar biasa yang bisa membuat pemotor terseret arus. Paling bijak kembali ke poin 1 dengan cari rute lain yang lebih aman.
  3. Libas dengan aman
    Jika sudah memperkirakan pasti aman, gas lah perlahan konstan dan menghindari air menyusup masuk knalpot hingga filter udara. Ambil gerakan di belakang kendaraan mobil jika ada dan posisikan di tengah bodi dengan memanfaatkan bukaan air yang telah dilibas mobil tersebut. Lumayan tidak terlalu menjadi genangan.
  4. Cek kendaraan paska terabas banjir
    Luangkan waktu untuk cek kendaraan baik untuk cek pelumas hingga servis motor sekalian karena efek banjir bisa saja lebih buruk jika lepas dari pantauan. Efek jangka panjangnya bakal membuat mesin loyo kehilangan performa.

Bagaimana? siap menghadapi genangan buruk? Perhatikan efeknya karena bisa membuat hati gundah. (jess) | Foto : Grid Oto

0 comments on “Bagaimana Seharusnya Pemotor Menyikapi BanjirAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *