Tips Berkendara di Malam Tahun Baru

SELAMAT TAHUN BARU 2020, semoga di tahun yang baru kita semua diberikan kesuksesan dan bisa #NyetirLebihBaik tentunya. Perayaan tahun baru identik dengan pesta-pesta baik skala kecil bin tradisional hingga skala besar bin modern. Dimana kamu ikut perayaannya? Berikut adalah tips berkendara di malam tahun baru, malam pergantian tahun yang identik juga dengan keramaian dan hingar bingar tawa riang.

Saat berkendara, baik dengan mobil ataupun sepeda motor banyak hal yang harus kita antisipasi sejak awal dan beberapa poin berikut bisa kamu jadikan patokan agar bisa melewati malam pergantian tahun dengan hasil berkendara yang aman.

  1. Tau Batas Diri. Maksudnya adalah dengan adanya efek ramai-ramai dan berkelompok, seorang individual akan terdongkrak rasa percaya dirinya termasuk urusan berkendara. Mulai dari sifat ingin menunjukkan kemampuan dan kualitas diri hingga menjawab tantangan yang dibuat.
  2. Hormati Sesama Pengguna Jalan. Dengan situasi jalan yang begitu padat ada baiknya untuk tetap menegakkan kehormatan antar sesama, tidak saling memancing keriuhan dan tetap ber-etika saat berkendara. Beberapa kasus kecelakaan diawali dengan arogansi karena sifat tidak hormat pada pengguna jalan lain.
  3. Tetap Upayakan Perangkat Keselamatan Berkendara. Fitur keselamatan mulai dari helm untuk pemotor hingga pemakaian sabuk pengaman bagi pengemudi mobil tetap wajib dipatuhi semata-mata karena faktor keselamatan. Jangan anggap remeh perangkat keselamatan tersebut.
  4. Tidak Mengantuk. Tidak Mabuk. Bahayanya sama saja, yaitu pengendara akan sulit fokus pada aktifitas mengemudinya. Respon akan jauh menurun. Refleks juga akan rusak. Mata terpejam -entah karena kantuk atau mabuk- maka kendaraan akan lepas kendali dan bisa berimbas pada kecelakaan berat. Setelah berpesta pastikan kesadaran tetap terjaga dan tidak mengambil risiko. Jika diserang kantuk bahkan mabuk serahkan kemudi kepada mereka yang mampu atau pilih transportasi umum. Fyi, UGD cukup laris saat pergantian tahun meskipun tidak mengusung potongan harga alias diskon.

Semua berpulang pada pengenalan diri bagaimana seharusnya bersikap atas dasar keselamatan saat berkendara. Sekali lagi Selamat Tahun Baru 2020 dan yuk #NyetirLebihBaik. (jess) | Foto : Metro Tempo

0 comments on “Tips Berkendara di Malam Tahun BaruAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *