Panduan Pilih Helm untuk Anak

Kumparan Oto – Helm merupakan salah satu piranti penting dalam keselamatan berkendara roda dua. Helm memiliki fungsi yang cukup krusial dalam mencegah cedera parah di area kepala ketika terjadi kecelakaan.

Penggunaan helm tidak hanya ditunjukkan untuk pengendara motornya saja, namun juga untuk penumpang, termasuk penumpang anak-anak. Akan tetapi, kesadaran terhadap pentingnya penggunaan helm untuk penumpang anak masih minim.

Menurut Praktisi Defensive Driving dan Edukator Helm RSV, Andry Berlianto, penggunaan helm pada anak sangat diperlukan. Selain berfungsi untuk melindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan, pemakaian helm pada anak juga merupakan bentuk tanggung jawab orang tua kepada anak saat berkendara.

“Kalau dirasa perlu ya perlu sebenarnya, kalau memang ada varian helm untuk anak yang bisa dipakai ya silahkan, tentu itu lebih bagus. Itu juga sudah menunjukkan bahwa si orang tua bertanggung jawab atas keselamatan anaknya,” jelas Andry.

Saat memilih helm untuk anak, pastikan bisa mendekap kepala anak Anda dengan benar dan jangan pilih helm yang longgar.

Di samping itu, pilih helm dengan busa yang tebal dan kaca pelindung berbahan polycarbonate agar tidak pecah saat ditekan. Pastikan pula tali pengait berfungsi dengan baik.

Sementara itu, helm anak pun saat ini tersedia dengan beragam pilihan. Penelusuran kumparan di Nevan Helmet — toko helm di Ciledug, helm untuk anak-anak dijual dengan kisaran harga Rp 65 ribu hingga Rp 250 ribu.

“Untuk helm anak itu harganya beragam sih, kalau yang paling murah itu ada kisaran Rp 65 ribu untuk ukuran paling kecil. Dan yang paling mahal itu sampai Rp 250 ribu untuk yang bermerek,” jelas salah satu tenaga penjual.

Perbedaan dari masing-masing harga helm tersebut, terletak pada bahan dan kualitas material yang digunakan seperti busa bagian dalam, kaca, dan batok helmnya. Untuk jenis helmnya sendiri menggunakan jenis helm half face atau bogo. Foto : Tirto

0 comments on “Panduan Pilih Helm untuk AnakAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *