Mengenal Penglihatan Periferal

Saatnya sedkit teknikal dan berbicara mengenai sistem penglihatan kita. Dalam berkendara sistem penglihatan ini jadi kunci utama keselamatan karena apa yang bisa pengendara lihat bisa dirubah menjadi sistem pertahanan agar kita dapat menjauh dari potensi kecelakaan. Kita bahas secara sederhana tentang apa itu penglihatan fokus dan apa itu penglihatan periferal.

Mata manusia adalah salah satu anugrah terbaik Tuhan YME, kita dituntut untuk bisa memaksimalkan enhanced feature ini menjadi sesuatu kekuatan utama saat berkendara apapun itu kendaraannya.

  1. PENGLIHATAN FOKUS. Ini adalah saat kita melihat sebuah objek dan kita melihatnya secara jelas (clear) dan fokus.
  2. PENGLIHATAN PERIFERAL (Peripheral). Ini adalah saat kita menangkap objek di luar objek yang kita lihat secara fokus, terlihat samar-samar.

Bisa dibayangkan yang dimaksud? Saat kita berdiri tegak menghadap depan coba lihat satu objek garis lurus di depan mata, tentunya saat fokus kita melihat objek tersebut secara jelas, sementara tangkapan mata di sekitar objek fokus itulah yang menjadi objek tangkapan mata yang sifatnya periferal.

Daya jangkau mata pun ada batasnya, garis menyamping arah dari telinga maka mata tidak akan lagi mampu menangkap objek. Disinilah peran lain dibutuhkan yaitu gerakan kepala untuk membentuk penglihatan fokus dan periferal yang baru.

Peripheral View
View this post on Instagram

Peripheral View, sistem ajaib mata yang jarang dimaksimalkan pengendara. . Mata punya kemampuan ajaib meski punya keterbatasan. Secara sederhana kami bahas disini ya. . Ada dua macam.penglihatan manusia lho, penghilatan fokus dan penghilatan periferal. . 📌 Penglihatan fokus adalah saat kita melihat sebuah objek dan kita melihatnya secara jelas (clear) dan fokus. . 📌 Penglihatan peripheral adalah saat kita menangkap objek diluar objek yang kita lihat secara fokus, terlihat samar-samar. . Terbayang kan maksudnya? . Dengan kemampuan ini pengendara bisa secara cepat mendeteksi kelainan di sekitarnya dan mengubahnya menjadi sikap antisipatif, terlebih dalam potensi kecelakaan. . Lalu bagaimana agar penglihatan samar tadi berubah menjadi penglihatan fokus, lakukan menoleh dengan mengaktifkan kepala. . Itulah kenapa saat berkendara kepala kita harus aktif, tidak hanya melihat ke depan secara statis saja tapi juga melihat sesekali ke sekitar. . Aktifkan radarmu agar bisa terhindar dari kecelakaan. . #peripheral #periferal #mata #kemampuanmata #teknikberkendara #teknikpengereman . . #safetyquote #safetytips #amanberkendara #berkendaraaman #safetyriding #safetydriving #ridingsafety #drivingsafety #roadsafetytozeroaccident #roadsafetycampaign2019 #roadaccident #roadsafety #tipsaman #tipsamanberkendara #lakalantas #tipsberkendara . . Jangan lupa Follow serta Nyalakan Notifikasi untuk @nyetirlebihbaik #NyetirLebihBaik bersama #4LifeIndonesia #4Lifesafety #drive4lifeid #ride4lifeid #ROADScheme

A post shared by #nyetirlebihbaik (@nyetirlebihbaik) on

Perannya saat berkendara sangat dibutuhkan untuk bisa melakukan analisa terhadap apa yang sedang terjadi di sekeliling. Dari analisa tersebut kemudian pengendara merubahnya menjadi sistem pertahanan yang efektif guna menjauh dari potensi dan risiko kecelakaan.

Bagaimana? Ayo aktifkan piranti defensif kamu saat berkendara. (jess) | Foto : Google

0 comments on “Mengenal Penglihatan PeriferalAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *