Disarankan Wajib Ada di Motor, Ini Keunggulan Rem ABS

DetikOto Jakarta – Beberapa negara di dunia mewajibkan sepeda motor dibekali dengan peranti anti-lock braking system (ABS). Global New Car Assesment Program (Global NCAP) juga memberikan saran agar Indonesia mewajibkan hal serupa.

Perangkat rem ABS dipercaya bisa meminimalisir risiko kecelakaan. Apalagi pada sepeda motor yang membutuhkan keseimbangan.

Menurut Instruktur Safety Riding, Andry Berlianto, ABS memiliki keunggulan di antaranya saat rem ABS ditekan, roda tidak akan terkunci. Dengan begitu, kata Andry, pengendara masih bisa mengarahkan kendaraan ke jalur yang lebih aman untuk mengurangi imbas kecelakaan.

Cara mencegah roda mengunci adalah, sistem ABS memungkinkan rem menggigit cakram dan melepas gigitannya itu dengan cepat.

“Cengkeraman remnya pada saat ditekan dalam 1 detik bisa 24 kali tekanan, tergantung kendaraan juga,” kata Andry.

Tanpa ABS, pengendara sepeda motor juga bisa menerapkan pengereman secara manual yang tepat agar roda tidak terkunci. Kata Andry, pengendara tinggal menekan-melepas tuas rem dengan gerakan cepat agar bisa mengadopsi kinerja ABS.

“Meski tidak persis sempurna, itu ampuh jika si pengendara mau belajar. Kalau udah panik duluan ya bye-bye. Gasruk,” ujar Andry.

Mengutip laman salah satu pemasok komponen otomotif, Bosch, ABS pada sepeda motor memiliki beberapa keunggulan. Pertama, menurut studi kecelakaan Bosh Jerman dan India, sekitar 1/4 dari semua kecelakaan yang relevan bisa dicegah jika kendaraan bermotor roda dua dilengkapi ABS.

Selain itu, ABS juga membuat deselerasi (pengurangan kecepatan kendaraan) lebih optimal tanpa roda mengunci. Pada sepeda motor, ABS meminimalisir risiko jatuh. Jarak pengereman juga dapat berkurang secara signifikan. Dan berkat ABS, stabilitas dan kenyamanan berkendara diklaim meningkat. (rgr/ddn) | Foto : Google

0 comments on “Disarankan Wajib Ada di Motor, Ini Keunggulan Rem ABSAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *