Arti NEAR MISS dan Kaitannya dengan Aktifitas Mengemudi (Bag.1)

Mari sekilas bahas “Near Miss” dan menghubungkannya dengan aktifitas saat mengemudikan kendaraan. Secara sederhana dan awam persamaan “near miss” bisa di padu padankan dengan kata “Nyaris”. Sebelum lanjut simak kutipan yang bisa jadi peringatan, kutipannya datang dari seseorang bernama Frank E Bird, praktisi dan expert HSE yang pada tahun 1966 mengeluarkan hasil analisis dari 1.7 juta laporan kecelakaan dari 300 perusahaan.

Katanya, “Diantara 600 kasus near miss mungkin ada 30 kasus kecelakaan yang menyebabkan kerusakan properti, mungkin ada 10 kasus kecelakaan ringan yang berakibat pada luka ringan dan mungkin ada 1 kasus kecelakaan yang serius bahkan kematian”.

Teori Frank E Bird

Yuk kita kaitkan dengan aktiftias kita saat mengemudi dan simak beberapa contoh near miss yang mungkin tidak kamu sadari dan sedang membentuknya sebagai sebuah hobi.

  • nyaris terbentur plang kereta api saat sirine berbunyi
  • nyaris menyeruduk kendaraan lain saat main ponsel sambil berkendara
  • nyaris menyenggol pejalan kaki saat kita keluar parkiran
  • nyaris terjatuh saat tergelincir jalan yang licin
  • dan belasan bahkan puluhan contoh kasus nyaris-nyaris

Dikutip dari lama HSEpedia, Near Miss atau Hampir Celaka merupakan istilah untuk suatu kejadian yang nyaris terjadi kecelakaan, namun menimbulkan kerugian atau cidera atau bahkan kematian.

Mumpung akhir pekan, coba di-review kembali aktifitas berkendaramu sepanjang pekan ini. Ingat-ingat kembali dan buat daftar serta coba untuk mendesain cara baru mengemudi yang aman dan nyaman di pekan berikutnya. Hindari mengumpulkan riwayat near miss yang di-khawatirkan dapat berujung pada fatalitas. (jess) | Foto : the Mercury News

0 comments on “Arti NEAR MISS dan Kaitannya dengan Aktifitas Mengemudi (Bag.1)Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *