Tips Berkendara yang Aman dengan Sepeda Motor

Selalu ada cara untuk selamat dan menjauh dari potensi kecelakaan lalu lintas. Kehati-hatiannya saja tidak cukup dan itulah mengapa saat berkendara kita butuh prosedur paling tidak untuk menjamin keselamatan kita meski tidak 100%. Jumlah kendaraan sepeda motor yang seolah tanpa batas di produksi memaksa jumlah pengendara juga semakin ber-variasi tak terkendali. Berikut adalah tips sederhana BERKENDARA YANG AMAN menuju kualitas mengemudi lebih baik.

  1. Kenakan Helm Saat Berkendara Sepeda Motor. Pilih pelindung kepala yang ber-sertifikasi nasional (SNI) serta yang memiliki label DOT sebagai indikator label keselamatan yang berlaku global.
  2. Gunakan Dua Rem pada Tempat dan Waktunya. Ingat bahwa aktifitas pengereman adalah aktifitas yang direncanakan dan penggunaan rem terbaik justru ada pada saat memaksimalkan Engine Brake ketimbang Service Brake.
  3. Perhatikan Kecepatan. Rambu pembatas kecepatan dapat dilihat di berbagai ruas jalan dan dibuat sebagai pengendali sekaligus pengingat bahwa ada regulasi di balik angka pada rambu. Semakin tinggi kecepatan otomatis pengendalian kendaraan untuk berhenti akan semakin sulit.
  4. Ketahui Keterbatasanmu. Diri kamu dan juga sepeda motor punya keterbatasan seperti jangan memaksakan diri berkendara saat letih atau melakukan akselerasi tinggi padahal kendaraan tidak mampu.
  5. Jaga Jarak. Ini penting. Darurat. Karena faktanya jarang pengendara kita yang mau melebarkan jarak untuk sekedar membentuk jarak aman. Jarak ini memberi kita waktu berpikir untuk memilih selamat atau tidak.
  6. Berikan Tanda. Selalu nyalakan tanda sebagai alat komunikasi terbaik dari kendaraan. Lampu-lampu kendaraan bisa jadi media pengganti menuju komunikasi yang lebih baik.
  7. Tetaplah Terlihat. Hindari kungkungan Blind Spot atau titik buta atau titik tak terlihat dan selalu nyalakan lampu kapan saja, baik siang ataupun malam atas alasan visibilitas. Jangan beralasan matahari sudah memberikan penerangan.

So tetaplah berhati-hati, saat berhati-hati saja tidak cukup maka sertakan prosedur berkendara yang baik dan benar. (jess) | Foto : Google

0 comments on “Tips Berkendara yang Aman dengan Sepeda MotorAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.