Jangan Sandarkan Kaki di Dashboard Mobil

(Kumparan Oto) Bepergian jarak jauh dengan kondisi lalu lintas yang macet tentu akan membuat kita merasa lelah, baik bagi pengendara maupun penumpang.

Tak jarang, beberapa penumpang yang duduk di depan sering meluruskan kakinya dengan mengangkat kaki ke atas dasbor. Hal tersebut biasanya mereka lakukan guna menghilangkan rasa pegal.

Namun, meletakkan kaki ke atas dasbor dalam kondisi mobil sedang melaju sebaiknya janganlah dilakukan. Menurut Instruktur Safety Driving, Andry Berlianto, meletakkan kaki di atas dasbor saat mobil kondisi berjalan sangat berbahaya, khususnya bagi penumpang itu sendiri.

“Cara duduk seperti ini tentu tidak ideal dan sangat berbahaya, walaupun statusnya sebagai penumpang. Dari sisi kewaspadaan, penumpang terutama di bagian depan juga harus ikut waspada meskipun level waspadanya tidak setinggi pengemudi,” jelas Andry kepada kumparan beberapa waktu lalu.

Andry menjelaskan, dengan meletakkan kaki di atas dasbor apalagi dalam kondisi mobil sedang melaju, dikhawatirkan dapat cedera saat terjadi kecelakaan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kaki tersebut dapat menjadi patah dan menghantam bagian muka penumpang itu sendiri.

“Bahayanya itu, kalau terjadi tabrakan tentu kaki tersebut bisa menjadi yang pertama terdampak dari benturan tersebut. Kemungkinannya tentu bisa patah,” ujar Andry.

Selain itu, dengan adanya posisi kaki penumpang melintang di atas dasbor juga berpotensi mengganggu area pandang pengemudi khususnya ke kaca spion sebelah kiri. Serta dapat menyebabkan area blind spot tambahan bagi pengemudi.

Oleh karena itu, Andry menyarankan sebaiknya penumpang tetap duduk dengan posisi yang normal layaknya pengemudi dengan meletakkan dua kaki di bawah. Bila memang merasa pegal saat perjalanan, sebaiknya berhentilah di tempat yang aman dan memang disediakan untuk beristirahat.

0 comments on “Jangan Sandarkan Kaki di Dashboard MobilAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.