Tips Memilih Jas Hujan untuk Pengendara Motor

Untuk pengendara motor musim hujan jelas jadi momok tersendiri dan harus di sikapi agar bisa tetap beraktifitas seperti biasa. Lalu bagaimanakah cara memilih jas hujan terbaik agar kita tetap bisa aman berkendara. Berikut adalah 3 tips sederhana cara memilih jas hujan terbaik bagi pengendara motor.

  1. Pilih jas hujan jenis baju-celana dan bukan model ponco atau bentuk jubah. Alasannya jelas dari sisi safety dimana kemudahan bergerak saat melakukan manuver akan lebih sulit dilakukan saat kita mengenakan jas hujan model ponco. Model ponco juga rentan masuk ke roda belakang atau gir sepeda motor karena bentuk juntaiannya.
  2. Gunakan satu size lebih tinggi. Beberapa pengendara motor bahkan menggunakan dua ukuran lebih tinggi. Ini penting karena pada prakteknya kecepatan pakai jas hujan menjadi momen penting sebelum tubuh terlanjur basah kuyup tersiram hujan. Bagi yang kerap berkendara sambil membawa tas punggung ada baiknya selalu menyiapkan penutup (rain cover) agar tas tersebut tetap kering.
  3. Tidak ada salahnya cek harga. Ada idiom “ada harga ada kualitas” dan ini benar adanya. Sempatkan survey kecil-kecilan ke teman-teman terdekat atau melalui kanal toko online yang mudah dijumpai di aplikasi ponsel. Lebih baik mencari yang berkualitas tinggi ketimbang harus gonta-ganti jas hujan setiap beberapa periode. Pilihan jenis bahan mulai dari yang berbahan HDPE (plastik tipis), PVC hingga parasut/taslan serta cek pula hingga ke jahitannya.

Tips tambahan dari kami adalah …

Potensi basah hingga ke dalam tentunya bisa disiasati oleh kesediaan baju ganti, selalu sediakan baju ganti yang bisa dikenakan di tempat tujuan. Biasanya air masih bisa menyelinap masuk melalui ruang terbuka di leher serta pergelangan tangan, belum lagi jika tubuh kebasahan oleh keringat di bagian dada. Kondisi basah seperti ini tetap bisa terjadi meski jas hujan sudah berkualitas tinggi.

Begitulah 3 tips sederhana memilih jas hujan untuk pengendara motor agar kita senantiasa tetap aktif beraktifitas walau hujan menghadang. (jess) | Foto : Google.

0 comments on “Tips Memilih Jas Hujan untuk Pengendara MotorAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.