Belajar Mengemudi Mobil Ada Caranya

Di negri ini proses belajar mengemudi mobil masih dianggap mudah dilakukan, cukup dibekali kendaraan bisa jadi sang pemula mencoba kendaraannya sendiri tanpa didampingi yang ahli. Berkaca pada kejadian mengenaskan tertabraknya ibu hamil oleh pengemudi yang diduga baru belajar mengemudi, berikut adalah 4 hal yang wajib diperhatikan saat belajar mengemudi.

  1. Lakukan di tempat tertutup. Kesalahan mendasar yang sudah jamak terjadi adalah belajar mengemudi mobil di ruang publik atau ruang terbuka alias jalanan umum. Seharusnya belajar mengemudi mobil di lakukan di tempat tertutup karena kondisinya yang tidak melibatkan orang atau kendaraan lain di luar mobil itu sendiri. Dalam tempat tertutup (closed track) risiko dan bahaya bisa di kurangi agar tidak berdampak kecelakaan yang parah saat terjadi sesuatu. Tempatkan beberapa halangan (obstacle) sekedar untuk menyiasati hal-hal yang terjadi di jalan raya, seperti belajar stop and go, maju-mundur bahkan hingga parkir dan berputar arah.
  2. Paham posisi kaki pada pedal. Untuk transmisi manual penugasan kaki kanan ada untuk pedal gas dan rem sementara kaki kiri berada di pedal kopling. Lalu untuk transmisi matik tugas kaki kiri diliburkan dan tidak menjadi harus berada di pedal rem, tugas kaki kanan tetap ada untuk menekan pedal gas dan rem. Saat awal dan terjadi kesulitan kadang pemula bisa panik untuk menggerakan kaki-kaki ini. Hafalkan posisinya dan perpindahkan gerakan kaki tetap ada di pergerakan tumit saja dan bukan keseluruhan kaki yang bergerak untuk pindah.
  3. Peran Instruktur mengemudi menjadi penting untuk mengawal si pemula dalam mengarahkan cara operasional kendaraan termasuk urusan membekali si pemula pemahaman tentang bahaya dan risiko pengemudi, tidak serta-merta mengejar waktu agar mobil bisa jalan dengan hanya mengandalkan kemampuan injak pedal gas dan rem saja.
  4. 16 jam waktu ideal belajar mengemudi mobil. Pernah menghitung berapa jam waktu untuk belajar mengemudi? Di Indonesia tampaknya makin sedikit jam maka akan semakin baik agar si pemula bisa lekas mendapatkan Surat Izin Mengemudi untuk bergegas turun ke jalan secara resmi. 16 jam adalah batas rata-rata proses belajar nyetir mobil, tentunya tergantung masing-masing orang. Lamanya jam karena banyaknya hal yang wajib diketahui saat belajar, tidak instan.

Dengan melewati tahapan yang ideal kita bisa mengemudi menuju kualitas #NyetirLebihBaik semata-mata menjaga bahwa keselamatan adalah hak setiap individu. Jangan menjadi penyebab, jangan menjadi korban dan jangan menjadi yang terlibat. (Tiff) | Foto : Google.

0 comments on “Belajar Mengemudi Mobil Ada CaranyaAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.