Tiap Hari Lawan Polusi, Bikers Kini Perangi Virus Corona

Polusi asap kendaraan hingga udara yang kotor praktis jadi hisapan rutin para bikers, kini dengan masuknya virus asing bernama Corona (Coronaviruses / CoV) bikers pun diminta lebih waspada. Simak beberapa tips sederhana hadapi serangan virus Corona agar lantas tak menjalar meski penularan virus asal Wuhan ini tidak melalui cara terbang di udara tapi melalui percikan atawa bersin.

  1. Gunakan masker. Pilihan masker buat bikers lumayan banyak, mulai dari yang memang di-desain buat bikers atawa masker medis yang lumrah ditemui di beberapa warung atau supermarket. Pastikan masker tersebut baru karena ada implikasi re-use masker yang beredar di pasaran. Jika memakai kain penutup wajah (seperti balaclava dan sejenisnya) pastikan selalu tercuci bersih dan tidak dipakai ber-ulang kali tanpa dicuci bersih. Bikers tak pernah tau pemotor sebelah yang mungkin tiba-tiba bersin seenaknya.
  2. Pakai masker dengan baik dan benar jika ingin melindungi diri. Masih banyaknya kekeliruan pemakaian membuat edukasi pemakaian masker terbilang penting. Droplets alias cairan yang keluar saat batuk atau bersin idealnya tertahan di area masker. Pastikan area mulut, lubang hidung plus kawat pada hidup tertutup dengan baik tanpa celah. Hindari buka tutup dengan menaruhnya di dagu karena sama saja mengizinkan virus berkenalan dengan dunia luar.
  3. Biker Hidup Sehat. Menenggak polutan memaksa bikers kudu hidup sehat, bahasa kerennya adalah Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hidup sehat jelas mulai dari gaya hidup hingga konsumsi makanan sesuai usia dan pantangannya.
  4. Cermati perbedaan jenis masker, untuk jenis masker N95 punya kecocokan untuk dipakai di ruang tertutup karena proteksi dari partikel asing menembus angka 95%. Kalau dipakai sembari berkendara sudah pasti perlahan bisa sesak nafas kekurangan oksigen (hipoksia), bisa pingsan perlahan dan kecelakaan. Ingat, virus tidak hanya Corona tapi banyak virus lain yang mungkin hinggap saat bikers berkendara.
  5. Paska berkendara pastikan bersih-bersih diri, seperti mencuci tangan dengan sabun hingga ke bagian siku sampai ke penggunaan Hand Sanitizer yang baik dan benar. Mandi sekalian agar bersih.
  6. Jaga kesehatan dengan mengkonsumsi wejangan guru di sekolah yaitu menu 4 Sehat 5 Sempurna dan waspadai kontak langsung dengan lingkungan sekitar yang diduga kotor.
  7. Jaga diri baik-baik saat ber-interaksi dengan siapapun atau apapun karena kita tidak pernah tau virus apa yang sedang beterbangan di sekitar kita. Bikers yang di keseharian ber-interaksi dengan debu tak kasat mata jelas punya PR lain yaitu bagaimana cara menjaga dirinya tetap bersih baik sebelum, saat dan sesudah berkendara.

Itulah 7 tips bikers guna perangi virus Corona dan semoga kita semua selalu diberi kesehatan oleh-Nya. Aamiin. (jess) | Foto : Google.

0 comments on “Tiap Hari Lawan Polusi, Bikers Kini Perangi Virus CoronaAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *