Waspada Corona bagi Pemotor

Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia yang terus menggeliat tentunya makin membuat resah. Pengendara sepeda motor yang rentan terhadap segala macam interaksi di jalan raya kini wajib waspada. Virus yang dapat menjalar via droplet (partikel air kecil yang muncul akibat seseorang terbatuk atau bersin) tentunya tidak kasat mata. Kondisi tersebutlah yang bisa bikin resah karena notabene pemotor juga aktif dalam menyentuh banyak objek. Lalu bagaimana tips buat pemotor agar bisa melakukan antisipasi dari penyebaran virus asal Wuhan ini? Berikut adalah tips cegah virus Corona bagi pengendara sepeda motor.

  1. Selalu menjaga kesehatan. Selain kesehatan kendaraan tentunya kesehatan diri sendiri menjadi mutlak diperhatikan. Tidak hanya soal virus, tapi saat kondisi badan melemah maka kesiagaan dan kewaspadaan pun bakal menurun. Beri asupan tubuh secara maksimal seperti melengkapi kemauan daftar menu 4 Sehat 5 Sempurna.
  2. Siap sedia cairan pembersih tangan atau luangkan waktu untuk lebih aktif untuk mencuci tangan serta mengurangi interaksi tangan ke area terbuka di bagian wajah (mata, mulut atau hidung). Cairan pembersih ini bisa menggunakan botolan kecil dan lengkapi dengan refill (isi ulang).
  3. Selalu gunakan sarung tangan. Selain untuk melindungi tangan dari potensi gesekan akibat kecelakaan, sarung tangan juga bisa maksimalkan fungsinya sebagai media tangkal virus Corona. Selalu siapkan dua pasang sarung tangan untuk dipakai bergantian saat satu pasang yang lain sedang dicuci. Kebersihan menjadi mutlak.
  4. Tidak memegang banyak objek jika tidak perlu. Memang memegang sesuatu kadang kala tidak dapat dihindari atau spontan dilakukan. Untuk urusan saat ini maka pegang-memegang harus jadi perhatian. Apakah saat memegang pagar di parkiran motor, mengambil karcis di mesin parkir, memindahkan motor orang lain saat motor tersendiri terjebak di parkiran atau bahkan saat tangan menyentuh banyak benda seperti tombol lift, tiang listrik, bangku taman serta objek-objek lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

Kita seperti dihadapkan dalam situasi tidak pernah tau dimana si “droplets’ ini tengah berdiam diri. Tidak ada salahnya untuk saat ini lebih mewaspadai apapun yang ada di sekitar kita serta jangan lupa untuk menutup diri sendiri (isolasi) saat kita sedang tidak sehat seperti sedang flu atau batuk meskipun itu belum tentu terinveksi virus Corona. Stay Safe. (jess) | Foto : Google

0 comments on “Waspada Corona bagi PemotorAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.