Media Penyebaran Covid-19, Apa Saja yang Harus Dibersihkan di Kendaraan

Saat ini sungguh sebuah hal yang mustahil memutar kanal televisi dan radio tanpa mendengarkan informasi seputar virus Corona. Dengan angka manusia ter-infeksi yang belum dapat dihentikan memaksa Pemerintahan di masing-masing belahan dunia bekerja optimal. Lalu bagaimana dengan kita yang di kesehariaan melekat dengan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil? Apakah kendaraan tersebut dapat juga “ter-infeksi”? Jawabannya bisa, tapi dengan kondisi sebagai media pembawa (carrier). Berikut adalah tips bagaimana membersihkan kendaraan terkait infeksi Covid-19.

  1. Vakum secara berkala. Proses ini bisa jadi proses awal dalam hal pembersihan kendaraan. Pastikan menggosok seluruh area seperti karpet, keset dalam kendaraan bahkan hingga pedal dan tuas transmisi, pun dengan sepeda motor yang harus dibersikan secara mendetil. Jangan lupa sejumlah sisi yang bahkan tidak kita sering pegang, seperti kaca mobil hingga headrest dan permukaan pintu-pintu.
  2. Bersihkan dengan cairan pembersih interior yang biasa kamu gunakan atau ciptakan sendiri cairan pembersih ber-basis amonia. Proses pembersihan mencakup ragam knob pada kendaraan, tombol-tombol, layar dan banyak lagi. Sebelum menyeka pastikan cairan tersebut tidak dapat mencederai kualitas permukaan yang digosok, spesifikasi bahan bisa dilihat pada botol cairan pembersih. Untuk yang tradisional bisa dengan memanfaatkan air dan sabun dan menyekanya perlahan, awasi komposisi kimia-nya saat bertemu banyak permukaan di dalam kendaraan.
  3. Jika ada jasa cuci detail profesional manfaatkan jasa mereka dengan “membasuh” kendaraan dengan perawatan ozon. Partikel yang terpencar saat penyemprotan bisa menghambat perkembangan virus dan bakteri. Steam ke interior menyempurnakan pembersihan.
  4. Jika ada objek lain seperti mainan, ponsel serta tablet singkirkan dan bersihkan. Apapun jenis benda mati-nya dapat menjadi media persinggahan virus Covid-19. Jangan lupa dengan membersihkan kompartemen-nya.
  5. Sediakan selalu masker, tisu basah dan sanitizer sebagai media awal pencegah penyebaran virus. Tisu basah dapat bantu kamu dalam menyeka permukaan-permukaan yang sering kena sentuh seperti kemudi, pintu, tuas transmisi dan lain-lain.

Pandemi Coronavirus sedang ditangani oleh yang ber-kompeten, kita yang tidak punya kemampuan apa-apa selain mentaati himbauan tentu jadi keputusan paling bijak. (tiff) | Foto : Googleimages.

0 comments on “Media Penyebaran Covid-19, Apa Saja yang Harus Dibersihkan di KendaraanAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.