Ayo Cuci Motor. Bersih-bersih dari Virus

Sepeda motor di Indonesia masih jadi primadona transportasi untuk berpindah dari titik A ke titik B. Elemen biaya perjalanan tetap jadi pertimbangan matang untuk bisa menelusuri setiap jengkal kota. Mau tau jumlahnya mengikuti data Badan Pusat Statistik berikut AISI sebagai asosiasi pedagang-nya? Jumlahnya di Indonesia mencapai lebih dari 143 juta sepeda motor. Macet? Biasa. Karena memang banyak yang tidak punya pilihan lain meski pelan-pelan Pemerintah memperbaiki segenap pilihannya.

Lalu bagaimana saat beredarnya virus Covid-19 dan hubungannya dengan sepeda motor? Media benda mati bisa menjadi media perantara penyebaran sehingga aksi cuci sepeda motor harus lebih digiatkan. Berikut adalah tips mencuci sepeda motor agar kendaraanmu bersiih setiap saat.

  1. Sediakan dua ember air terdiri dari isian air sabun sementara satunya lagi berisi air bersih (di rekomendasikan air hangat). Saat menyiram pastikan di mulai dari atas ke bawah. Pun saat menyiramnya dengan air sabun lakukan proses yang sama, dari atas ke bawah. Jika menggunakan bahan kimiawi khusus cuci motor biarkan dulu terendap sementara agar bahan kimia itu bekerja. Jangan terlalu lama karena mungkin akan berbekas di badan sepeda motor.
  2. Dalam prosesnya jika melibatkan busa atau kain halus microfiber hindari agar tidak sampai terjatuh ke tanah. Kenapa? bisa jadi busa atau kain tersebut justru membawa debu lain atau kerikil halus dan saat digosok ke sepeda motor bisa jadi akan membuat goresan.
  3. Mission accomplished saat kamu sudah mengeringkan seluruh bagian kendaraam, benar-benar kering karena jika dibiarkan terlalu lama tidak di-lap bisa jadi akan noda-noda yang berbekas.
  4. Masuk ke sisi yang lebih detail seperti perawatan sprocket pastikan melalui cara yang benar seperti memberikan lubrikasi yang dianjurkan untuk rantai dan gir sepeda motor, hindari penggunaan oli bekas karena selain lengket dan saat berjalan bisa serta merta mengotori kembali area bawah seputar rantai dan gir serta standar sepeda motor. Jangan lupa saat membersihkan rantai dan gir sepeda motor dalam keadaan standar tegak sembari ban diputar perlahan. Oiya, sebagai media penyikat gunakan sikat gigi halus.

Tambahan, seka lebih dalam ke permukaan-permukaan hingga kompartemen yang punya potensi menyimpan virus. Nah cara-cara tersebut bisa jadi bagian dari aktifitas WFH saat tempat steam sepeda motor mengalami tutup jasa. Stay clean. (dev) | Foto : Googleimages

0 comments on “Ayo Cuci Motor. Bersih-bersih dari VirusAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.