Perbedaan Kendaraan AWD dan 4WD

AWD dan 4WD, pernah dengar istilah ini? Yang satu singkatan dari ALL WHEEL DRIVE sementara yang satunya lagi singkatan dari FOUR WHEEL DRIVE. Adakah perbedaannya? Meski tampak mirip dua istilah ini sangatlah berbeda. Berikut adalah penjelasan perbedaan mobil AWD dan 4WD seperti dilansir dari berbagai sumber.

Sebelum masuk ke perbedaan patut diketahui lebih dulu soal dua komponen mekanis yaitu Differential dan Transfer Case.

Differential adalah sebuah perangkat yang memungkinkan dua roda penggerak bergerak berputar tidak dalam kecepatan yang sama. Lokasi differential ini biasanya ada di tengah gardan.

Sementara Transfer Case adalah perangkat khusus pada sistem gerak yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda depan dan/atau belakang sesuai kebutuhan.

AWD vs 4WD

Dari komponen mekanis tersebut bisa dibedakan lebih dini soal AWD dan 4WD. Bila punya differential antara roda depan dan belakang berarti AWD sementara jika punya transfer case maka bisa disebut 4WD.

Dari sisi pergerakan AWD memaksa semua empat roda-nya bergerak dalam satu irama sementara 4WD memberikan opsi apakah pengemudi mau menggerakan empat rodanya atau cukup dua roda saja (2WD).

Dari kategori kendaraan biasanya AWD mengacu kepada kendaraan-kendaraan jenis sport/hypersport dimana akselerasi empat rodanya dibutuhkan secara maksimal sementara 4WD ada pada jenis kendaraan perambah jalur off-road dan punya ground clearance tinggi. (dev) | Foto : Googleimages

0 comments on “Perbedaan Kendaraan AWD dan 4WDAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.