Semua Dihimbau Gunakan Masker Saat Diluar Rumah

Seperti diberitakan banyak media, per hari ini (Minggu, 5/4) masyarakat diminta untuk menggunakan masker untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Soal ini sudah disuarakan langsung dan resmi oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto yang menyesuaikan arahan dan rekomendasi dari WHO (World Health Organization).

Dengan demikian arahan tersebut merubah arahan sebelumnya dan kini semua pihak – sakit atau tidak – wajib menggunakan masker. Terkait data penyebaran virus Covid-19 laman Kawalcovid19.id per Minggu (5/4) merilis data 2273 terkonfirmasi terinfeksi virus sementara jumlah korban meninggal dunia mencapai 198 dengan korban/pasien sembuh di angka 164 orang.

Dengan minimnya pengadaan masker di tengah masyarakat lalu jenis apakah yang bisa dipakai untuk berpartisipasi dalam menahan perluasan penyebaran virus Covid-19 ini?

Pertama, yang paling realistis adalah penggunaan masker kain. Jenis ini sudah lebih banyak beredar di masyarakat dengan banyak variasi harga dan bentuk. Jenisnya yang dapat di cuci ulang membuat pemilihan masker jenis kain bisa jadi solusi pemakaian harian yang bisa di gonta-ganti pakai.

Kedua adalah masker bedah atau masker surgery. Sebelumnya jenis inilah yang banyak beredar di pasar sebelum perlahan lenyap terkait tingginya permintaan masker jenis ini. Penggunannya saat ini diutamakan bagi mereka di kalangan medis (tenaga kesehatan) dan bagi mereka yang sakit.

Ketiga yang punya kategori lebih tinggi dari sisi keamanan adalah masker N95. Masker tersebut ditujukan bagi tenaga medis yang menangani pasien dengan risiko infeksi tinggi.

Secara fungsi masker-masker ini akan menjadi pertahanan pertama bagi penyebaran virus melalui droplet atau percikan air ludah dari mereka yang sakit ke yang sehat.

Jika masker bedah dan masker N95 jelas punya masa pakai yang terbatas, untuk masker jenis kain disarankan untuk tidak dipakai lebih dari empat jam. Segera cuci bersih dan air dan sabun, keringkan sebelum memakai nya kembali.

“Lindungi diri kita, semua menggunakan masker pada saat keluar rumah terutama,” ujar Yuri dalam kesempatan penyampaian informasi terbuka-nya.

Semoga kita semua selalu diberi perlindungan oleh-Nya dan dijauhkan dari marabahaya penyebaran virus Covid-19 ini. (dev) | Foto : Googleimages

0 comments on “Semua Dihimbau Gunakan Masker Saat Diluar RumahAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.