Waspada Pilar A Kendaraan sebagai Penyebab Blind Spot

Pernah merasa kaget terhadap keberadaan objek kecil (motor, pejalan kaki, gerobak dorong dll) yang secara tiba-tiba muncul di depan kendaraan? Apakah penyebabnya? Pernahkah sebagai pengemudi mencari tahu lebih dalam ketimbang menyalahkan objek lain tersebut yang muncul tiba-tiba? Artikel singkat berikut mengingatkan kembali tentang keberadaan Pilar A pada kendaraan.

Apa yang dimaksud dengan Pilar A? Secara bentuk sebenarnya kendaraan juga memiliki Pilar B, C bahkan D untuk kendaraan-kendaraan yang lebih panjang semisal SUV.

Pilar A sendiri berada di bagian depan kendaraan yang punya fungsi sebagai penyangga atap di bagian depan hingga penahan kaca sekaligus sebagai lokasi instalasi kaca spion.

Secara bentuk sendiri menyerupai huruf A yang dari bagian kemudi hingga batas kursi pengemudi, lihat ilustrasi sederhana untuk menghafalkan mana Pilar A dan lain-lainnya.

Pilar A menyerupai huruf A

Kembali ke pertanyaan di awal, Pilar A di beberapa kendaraan memiliki bentuk yang cukup menyita ruang karena bentuknya yang panjang dan tebal serta persis pada area penglihatan sisi kanan pengemudi sehingga dapat membentuk BLIND SPOT. Dari bentuknya tersebut kadang objek kecil jadi seperti terhapus dari penglihatan.

Bagi sebagian pengemudi yang tidak punya kebiasaan meng-observasi lingkungan dengan baik maka kerap terjadi hal-hal di luar dugaan dimana kendaraan berhenti mendadak karena kaget dengan objek yang lewat.

Waspadai Keberadaan Objek Lain di Pilar A

Dari masalah tersebut maka pengemudi harus punya kemampuan meng-analisa lingkungan dengan baik dan membiasakan mata melihat ke setiap sudut, saat terhalang Pilar A maka diharapkan ada gerakan lebih dari pengemudi untuk bisa melihat sisi kanan. Jangan lupa untuk tetap memonitor sisi kiri Pilar A.

Nah semoga tidak ada lagi kendala ya untuk antisipasi Blind Spot. Tetap aman berkendara. \tiff | Foto : Googleimages

0 comments on “Waspada Pilar A Kendaraan sebagai Penyebab Blind SpotAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.