Tips Merawat Ban Saat Parkir Lama Akibat WFH

Aturan PSBB alias Pembatasan Sosial Berskala Besar memang sangat berdampak pada alur kegiatan yang biasa kita jalani. Adanya aturan #physicaldistancing memaksa banyak orang untuk memindahkan aktifitas kerjanya dari kantor ke rumah alias Work from Home (WFH).

Dari kegiatan tersebut mobil sebagai alat transportasi harian juga memiliki perubahan kerja. Mobil terpaksa parkir dalam waktu yang lama. Bagaimanakah perlakuan terhadap ban pada masa harus parkir demikian lama, berikut adalah tips perawatan ban saat parkir lama agar kinerjanya tetap bisa yahud.

Saat parkir dalam waktu lama maka ada satu sisi ban yang menopang beban berlebihan tanpa adanya bantuan dari sisi ban yang lain. Tempo lama yang dimaksud bisa lebih dari sepekan dimana kendaraan dalam keadaan diam tidak bekerja.

Kondisi ban tidak bekerja ini bisa memunculkan perubahan bentuk terutama pada sisi tapak ban yang menumpu bobot mobil.

Simak kutipan dari On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal, Zulpata Zainal terkait tips perawatan ban saat terjadi WFH, “Untuk jaga-jaga bisa saja kendaraan di dongkrak atau di ganjal, agar ban tidak langsung nempel ke permukaan lantai”.

Rawat Ban Kendaraan

Tapi mengandalkan dongkrak tentunya butuh hingga empat buah untuk mengangkat kendaraan agar ban menggantung. Usaha yang cukup lumayan.

Tips paling realistis serta sederhana adalah mengecek rutin tekanan ban menggunakan Tire Pressure Gauge. Jika terjadi Defleksi alias menekuknya dinding ban maka harus segera di cek kembali tekanan anginnya.

Zulpata menambahkan, “Isi tekanan angin agak tinggi agar ban tidak berubah bentuk. Tekanan angin bisa diisi hingga 44 Psi”.

Dari kegiatan isi tekanan angin maka kendaraan juga diberikan manfaat yaitu terdapatnya waktu untuk memanaskan mesin dan mengisi kembali daya aki mobil. Untuk jenis angin-nya sendiri dianjurkan menggunakan angin ban nitrogen dimana molekulnya lebih besar ketimbang angin biasa sehingga tidak mudah kempis melalui pori-pori ban mobil.

Dengan demikian kamu bisa lebih aware terhadap kualitas ban dari kendaraan yang kamu miliki. Jangan asal pakai saja tapi kudu dirawat loh. \dev | Foto : Googleimages

0 comments on “Tips Merawat Ban Saat Parkir Lama Akibat WFHAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *