Pegang Kemudi dengan Benar Menggunakan Metode Pull and Push

Saat kamu berada di lingkar kemudi, bagaimanakah cara kamu mengolahnya? Melakukannya dengan benar sesuai kaidah “safety” atau sekedar olah saja tanpa mengetahui teknik yang aman? Berikut adalah cara memegang stir yang benar atau lebih dikenal dengan metode “pull and push”.

Metode “pull and push” ini memungkinkan pergerakan kedua belah tangan tidak saling menyilang dan tidak berputar lebih dari setengah putaran kemudi. Cara tersebut ditambah dengan posisi jari di jam 3-9 (atau 2-10), lebih spesifik ibu jari tidak menekuk ke dalam tapi tetap di arah luar.

Pegang Stir dengan Benar!

Jika kamu bertanya kenapa ibu jari harus berada di luar lingkar kemudi maka jawabannya adalah soal posisi antisipatif saat terjadi ledakan kantung udara (airbag). Saat posisi ibu jari di dalam lingkar ada potensi ibu jari menjadi terjepit ditengah ledakan dan mencederai lengan secara menyeluruh. Berbeda saat ibu jari berada di luar lingkar kemudi, posisi ini memungkinkan tangan lepas dari lingkar kemudi dan mengurangi efek cedera.

Kembali ke soal olah kemudi, video YouTube dari DGN Driving School cukup mewakili jika kamu bertanya bagaimana seharusnya olahan kemudi di lakukan.

Memang butuh waktu untuk di praktikkan tapi jika terbiasa maka akan jadi pengganti gaya kemudi yang tepat ketimbang harus tumpang tindih memutar kemudi atau justru bergerak seperti tangan sedang mencuci piring.

Ingat bahwa keselamatan tentu ada prosedurnya dan cara olah kemudi yang aman dan benar ini bisa jadi alat menuju keselamatan dan meminimalisir dampak cedera saat terjadi kecelakaan, bahkan bisa membuat gerakan yang lebih fleksibel untuk melakukan banyak tindakan recovery secara antisipatif.

Selamat mengemudi. \dev | Foto : Googleimages

0 comments on “Pegang Kemudi dengan Benar Menggunakan Metode Pull and PushAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *