Tips Menghadapi Truk Besar

Apa yang kamu lakukan saat melihat atau berhadapan dengan truk di jalan raya, semisal dengan skenario melihat truk sedang melakukan proses putar balik. Memilih berhenti atau melambaikan tangan sembari membunyikan klakson keras-keras sembari minta jalan? Berikut adalah tips menghadapi truk besar di jalan raya agar kamu tetap jauh dari marabahaya.

Truk jenis truk kontainer bahkan punya panjang hingga 40 feet atau sekitar 12 meter. Lebarnya rata-rata hingga 2.5 meter dengan ketinggian rata-rata yang juga sama, 2.5 meter. Apakah cukup mengerikan jika dilihat. Sayangnya bagi banyak pengendara sepeda motor di Indonesia ukuran tersebut kerap bukan objek yang harus ditakuti.

Simak video yang kami post di kanal Instagram yang memperlihatkan truk sedang putar balik lalu mengalami kecelakaan karena pengambilan jalur yang terlalu patah dibantu adanya ungkitan saat roda belakang mengenai pembatas jalan. Efek gravitasi pun bermain perannya.

Berikut adalah tips menghadapi truk besar di jalan raya :

  1. Menjauh. Sepeda motor adalah objek terkecil di jalan raya dan melawan truk besar bukanlah keputusan yang bijak. Jika terburu-buru dan ingin mendahului pastikan semua syarat keselamatan terpenuhi seperti mendahului dalam batas dan jarak jangkauan yang aman mempertimbangkan arus lalu lintas, baik searah maupun lawah arah. Jangan lupa komunikasikan ke pengemudi truk dengan membunyikan klakson.
  2. Berhenti. Saat melihat pergerakan truk yang sedang putar balik urungkan niat untuk mendahului baik dari muka maupun buntut truk. Dengan memaksakan diri maka kamu masuk dalam area tidak terlihat dari pengemudi truk (blind spot). Jangan ambil risiko dengan melambaikan tangan meminta jalan.
  3. Ada risiko kontainer terguling saat putar balik baik dengan kemungkinan terungkit pembatas jalan hingga kemungkinan adanya instalasi kontainer ke badan truk yang memiliki “missed”. Ambil jarak sejauh mungkin dari kontainer sesuai pengamatan di lokasi.

Intinya, maksimalkan penglihatan dan perhitungan saat menghadapi truk sebesar atau sekecil apapun jenis truknya. Ini penting karena dimensi truk bukan lawan kamu dan sepeda motor. \jess | Foto : Googleimages

0 comments on “Tips Menghadapi Truk BesarAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *