Oli Mesin sebagai Pelumas Rantai Sepeda Motor. Apa Bisa?

PSBB alias Pembatasan Sosial Berskala Besar masih diberlakukan, pun soal pembatasan jarak fisik alias #physicaldistancing hingga 1 meter saat ber-interaksi. Kegiatan pun jadi amat terbatas termasuk urusan berkendara sepeda motor. Apa yang bisa kita lakukan saat sepeda motor lebih banyak parkir ketimbang bergerak? Tak lain adalah memaksimalkan perawatan selagi ada waktu, salah satunya adalah perawatan rantai sepeda motor bagi mereka yang memiliki rantai dan gir sebagai penggerak.

Pentingnya perawatan pada rantai tak lain agar fungsi putar oleh rantai gir dapat berjalan mulus tanpa kendala. Perawatan yang dimaksud adalah memberikan pelumas yang sesuai. Pelumasan ini yang nantinya menjaga dua komponen tersebut mudah berputar dan terjaga dari keausan akibat karat dan debu yang riskan menempel.

Pelumas apakah yang sesuai untuk melumasi rantai? Tak lain adalah pelumas yang memang dikhususkan untuk rantai atau biasa disebut chain lube. Bagaimana jika pelumasannya menggunakan oli mesin bekas pakai? Apa iya sama baiknya atau justru harus dihindari?

Seperti dilansir dari Kumparan melalui informasi yang digulirkan oleh Junior Technical Specialist Rotating Equipment and Gas Engine Pertamina Lubricants, Nurudin mengatakan bahwa penggunaan oli mesin untuk rantai boleh-boleh saja.

Tunggu dulu, ada syaratnya. Oli mesin yang dimaksud adalah oli mesin dalam kondisi baru, bukan oli bekas pakai. Misalnya adanya kelebihan mililiter yang terpakai seperti pada sepeda motor yang hanya butuh 800 ml tapi dibelikan oli baru yang punya besaran 1000 ml. Sisa 200 ml-nya bisa dimanfaatkan sebagai pelumas rantai sepeda motor.

Tetapi menurut Nurudin penggunaan pelumas khusus rantai jauh lebih di rekomendasikan karena memang diciptakan untuk pelumasan pada rantai. Sementara dari sisi harga pun sebenarnya masih dalam batas wajar.

Gunakan Pelumas Khusus Rantai

Kekhususan pada oli khusus rantai adalah kerjanya yang tidak “nyiprat” serta pelumasan yang jauh lebih baik ketimbang pemakaian oli mesin yang mudah lengket sehingga jadi media yang mudah ketempelan benda asing seperti debu dan kotoran.

Kesimpulannya adalah gunakan pelumas rantai yang memang sudah di-produksi dengan tugas melumasi rantai. Selamat melumasi rantai selama bekerja di rumah ya, alias WFH. \dev | Foto : Googleimages

0 comments on “Oli Mesin sebagai Pelumas Rantai Sepeda Motor. Apa Bisa?Add yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.