Memahami Pentingnya Prosedur Menoleh Sekilas

Dalam berkendara tentunya banyak prosedur berkeselamatan yang harus dipatuhi serta dilakukan untuk menjamin keselamatan. Jaminan keselamatan memang tidak bisa 100 % karena akan ada banyak faktor penyebab sebuah kecelakaan.

Salah satu prosedur yang wajib diketahui adalah prosedur gerakan menoleh sejenak atau sekilas untuk melihat kondisi sekitar sebelum kendaraan bergerak. Seperti apakah yang dimaksud? Simak paparan singkat tips prosedur menoleh sejenak saat berkendara.

Simak video berikut yang juga telah di post di kanal Instagram #NyetirLebihBaik , simak baik-baik.

Pentingnya Menoleh Sejenak

Setelah menyimak video tersebut adakah pelajaran berharga yang dapat diambil? Video tersebut menggambarkan ketiadaan gerakan dari seorang pengendara sepeda motor sebelum dirinya masuk ke arus lalu lintas aktif.

Gerakan yang demikian ceroboh memaksa satu buah truk besar harus melakukan rem secara keras untuk menghindari tabrakan. Beruntung kesigapan pengemudi truk menjadi kunci tidak terjadinya kecelakaan hebat.

Gerakan menoleh sejenak atau menoleh sekilas sangat penting dilakukan untuk mengamati situasi lalu lintas aktif. Keterbatasan visual oleh mata dan kaca spion harus dibantu dengan gerakan lain untuk memastikan bahwa lingkungan sekitar aman.

Gerakan menoleh sejenak atau menoleh sekilas dalam bahasa dunia internasional diartikan sebagai Head Check, Shoulder Check hingga Glance Over the Shoulder.

Gerakan ini berupa gerakan kepala menoleh sebatas pundak dengan gerakan bola mata mengamati setiap jengkal lingkungan yang dapat dijangkau secara visual.

Menoleh Sejenak

Dengan gerakan ini pula objek lain dapat teramati dan gerakan final dapat menjadi kunci berkendara berkeselamatan.

Apakah sedemikian penting? Tahukah kamu di negara-negara maju gerakan ini menjadi kunci lulus tidaknya seorang calon pengemudi dalam mendapatkan surat izin mengemudi. Bagaimana dengan disini?

Ayo lakukan gerakan ini setiap kamu hendak masuk ke jalur lalu lintas aktif entah kamu sebagai pengendara sepeda motor atau pengemudi mobil. \jess| Foto : Googleimages

0 comments on “Memahami Pentingnya Prosedur Menoleh SekilasAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *