Punya Helm Sendiri Saat Jadi Penumpang Ojol

Menarik mencermati pemberitaan terkini dimana asosiasi driver ojek online mengeluarkan sejumlah protokol kesehatan, salah satunya adalah saran kepada penumpang untuk membawa helm sendiri. Bagaimana jika hal tersebut ditinjau dari aspek “safety” alias keamanan? Berikut adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan mengapa saran protokol kesehatan tersebut bisa disebut baik.

  1. Penggunaan helm memang idealnya satu orang satu helm. Tidak perlu menunggu wabah Corona sebenarnya perpindahan virus atau jamur mudah berpindah antar kepala saat penggunaan helm dilakukan kepada lebih dari satu orang.
  2. Biasakan diri tidak meminjam helm karena kita tidak pernah tau apa yang terbenam dalam padding atau busa helm.
  3. Gunakan helm milik sendiri karena kebersihannya akan menjadi tanggungan pribadi. Mau tidak mau bahkan untuk penumpang (bukan pengendara aktif) kini disarankan untuk memiliki helm untuk digunakan saat menggunakan transportasi dengan orang lain menggunakan sepeda motor.
  4. Rawat helm secara berkala mulai dari melepas seluruh komponen helm dan mencucinya dengan bersih. Gunakan pembersih helm yang banyak dijual namun pastikan dijual oleh sumber yang terpercaya.
  5. Jika merawat sendiri terlalu malas maka maksimalkan jasa pencucian helm yang tersedia di banyak tempat. Jasa tersebut tentunya lebih paham dalam hal perawatan dan pencucian namun pastikan jasa yang dilakukan dengan baik dan benar.
  6. Simpan helm di tempat kering (tidak lembab) guna menghindari helm ber-jamur. Dalam kondisi pandemi virus Corona maksimalkan sanitasi dengan ikut menambahkan aspek kebersihannya seperti penyediaan cairan disinfektan.
  7. Pilih helm ber-SNI. Lakukan survey mandiri baik online maupun offline untuk melihat spesifikasi helm yang menarik untuk kamu. Jangan tergiur harga murah karena saran protokol kesehatan bukan hanya soal penyebaran virus Covid-19 tapi juga soal fungsi helm yaitu memberikan perlindungan terhadap kepala saat terjadi benturan.

Nah, cobalah mulai untuk bisa mengoleksi helm pribadi sekalipun kamu adalah penumpang. Lebih higienis. Lebih terawat. Dan tentunya bakal lebih sesuai dengan gaya kamu. \dev | Foto : Googleimages

0 comments on “Punya Helm Sendiri Saat Jadi Penumpang OjolAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *