Teknologi dan Fitur Kendaraan yang Jarang Diketahui Orang (1)

Saat kamu mengemudi coba kini tengok teknologi atau fitur apa saja yang terbenam di kendaraan kamu. Apakah dari teknologi-teknologi tersebut kamu sudah mengenalinya, baik fungsi dan cara kerjanya? Berikut adalah teknologi kendaraan yang mungkin jarang diketahui oleh pengemudi.

ISOFIX
Terdengar asing? Benar. Fitur ini sebagai teman dari Child Seat (Child Safety Seat). Penggunaan kursi anak sendiri belumlah populer di Indonesia karena belum ada regulasi tegas yang mengaturnya. Semoga bisa cepat hadir di UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mendatang.

Dari namanya sesungguhnya Child Seat hadir sebagai pengaman anak saat berada di dalam kendaraan. Bentuknya yang menyerupai bangku tambahan adalah sebagai ekstra pengaman terkait sabuk keselamatan yang wajib dipakai penumpang.

Sementara ISOFIX sendiri adalah kependekan dari INTERNATIONAL STANDART ORGANIZATION FIX (standar keselamatan internasional). ISOFIX bukanlah sebuah produk melainkan sebuah standar keselamatan berkendara. Letaknya sendiri biasanya ada di bagian bawah sandaran jok penumpang di baris kedua.

Secara fungsi adalah untuk mengaitkan si Child Seat di atas serta mencegah anak dari cedera fatal saat terjadi benturan akibat kecelakaan.

Pemilihan Child Seat sendiri diatur dalam berat dan usia anak berikut penempatannya yang harus hadap depan atau belakang.

Nah coba sekarang cek kendaraan kamu apakah sudah memenuhi standar keselamatan internasional dengan kehadiran Isofix ini.

Teknologi dan fitur kendaraan yang jarang diketahui lainnya akan diangkat pada artikel lainnya ya. \jess | Foto : Googleimages

0 comments on “Teknologi dan Fitur Kendaraan yang Jarang Diketahui Orang (1)Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *